CARA PASANG MP3 DI WP   Leave a comment

Review Random Ads Plugin for WordPress

Salah satu cara untuk membuat agar blog kita tidak penuh dengan iklan atau advertise yang berakibat dapat memperlambat loading website atau blog kita adalah dengan menggunakan plugin random ads. Nah bagi yang suka nampilin iklan tetapi gak pengen penuh halaman websitenya menjadi gudang iklan, maka diperlukanlah yang namanya random ads. Kali ini gw akan mengulas atau me-review sedikit tentang plugin random ads di wordpress dan plugin yang terpilih dan gw pake.

Plugin tentang random ads ataupun rotating banner atau apapun namanya tentang merotasi atau mengacak iklan yang keluar di halaman web lumayan banyak. Setelah berkutat beberapa lama dengan mbah google gw nemuin beberapa plugin tentang random ads. Berikut Plugin-plugin tersebut antara lain:

1. Datafeedr Random Ads plugin

Plugin ini mengacak dan mambaca ads yang ada berdasarkan file (umumnya file txt) yang kita simpan di dalam direktori site kita berada. Setiap kode yang kita masukkan dalam file txt itu, dibatasi dengan kode | untuk berlanjut ke code snippet iklan berikutnya. Plugin ini support widget dan support code untuk memanggil ads yang telah kita isi di dalam file txt tadi, untuk kita masukkan ke tempat manapun template wordpress kita.

Yang tidak gw sukai dari plugin ini adalah, karena kita harus mengacak-acak file txt yang ada, agar kita bisa menambah atau mengurangi iklan yang ada, kalapun support widget, apabila ada iklan-iklan baru yang perlu kita masukkan, kita harus sedikit berepot dengan ftp, atau minimal text editor untuk mengotak-atik file txt tersebut. Tidak ada preview yang bisa memperlihatkan hasil tampilan dari kode yang kita masukkan ke file txt tersebut kecuali melalui front page blog kita.

Penulisan codenya adalah sebagai berikut:

<?php if (function_exists(’dfrad’)) { echo dfrad(’ads_468×60′); } ?>

2. Adrotator

Plugin ini polanya mirip dengan plugin Datafeedr Random Ads Plugin. Cuman cara penulisannya code iklan di file txtnya sedikit berbeda. Code hanya perlu ditulis peralinea, alias satu baris untuk satu code iklan, untuk iklan berikutnya tinggal enter (ke alinea berikutnya) dan tulis kode iklan yang lain. Sayangnya plugin ini hanya support untuk memasukkan code tag ke dalam template, sedangkan melalui widget belum mendukung.

Penulisan codenya adalah sebagai berikut:

< ?php echo getad(’bannerad’) ?>

3. Random Ads

Sedikit berbeda dengan dua plugin diatas, yang satu ini lebih gampang pengeditannya. cukup masuk ke halaman admin lalu option/setting -> random ads, kamu udah bisa tulis code iklannya, dengan setiap iklan dibatasi dengan kode <!– End Ad –>. Sayangnya plugin ini tidak support dengan widget, penulisan kode yang kita masukkanpun tidak bisa kita preview terlebih dahulu.

Penulisan code untuk ditambahkan di template adalah sebagai berikut:

< ?php if(function_exists(’randomads’)) randomads(); ?>

4. WPAds

Plugin WPAds ini tergolong plugin yang bagus untuk dicoba. Selain pengeditannya gampang karena sudah dikelola oleh option/setting di dalam halaman admin, plugin ini support dengan zone atau pengelompokan iklan sehingga kita bisa mengelompokkan beberapa model iklan, seperti iklan banner, iklan text dan sebagainya kedalam satu zone.Sayangnya, plugin ini belum support widget, sehingga anda harus mahir dalam pengeditan template.

Penulisan code untuk ditambahkan ke template adalah:

<?php wpads(’zone_name’); ?>

5. AdRotate

Plugin yang satu ini juga patut untuk anda coba. Memiliki fitur yang lumayan lengkap, diantaranya adalah sudah admin support, support widget walaupun cuman mendukung satu group, support pengelompokan atau group, preview banner ketika edit banner, dan support insert ke dalam template maupun ke dalam postingan / pages kita.

Penulisan kode di template adalah sebagai berikut:

<?php adrotate_banner(’1′); ?>

Untuk penulisan di dalam postingan adalah sebagai berikut:

[ adrotate group=”2″ ]

Mungkin masih ada beberapa lagi plugin tentang random ads namun tidak gw bahas kali ini. Nah plugin apa yang terpilih dan gw pake adalah plugin AdRotate. Cuman satu yang masih gw harapin untuk versi plugin ini adalah support semua group banner untuk dimasukkan ke dalam widget karena saat ini, plugin tersebut hanya support memasukkan 1 code widget saja. Sehingga kita tidak perlu bersusah payah mengedit template kita.

Hasil yang didapat jika code gw masukin ke post adalah seperti ini:

[adrotate group=”2″] [adrotate group=”3″] [adrotate group=”4″]

Bagi yang belum tahu cara menginstal plugin, mungkin anda bisa mencari referensi dan nanya ke mbah google, gw yakin banyak kok tutorialnya. Gampang kok, tinggal download sourcenya, upload ke direktori plugins, masuk ke admin->plugins, cari nama pluginnya dan aktifkan, otomatis menu tambahan untuk plugin anda akan tampil di halaman admin biasanya di bagian setting / manage. Dah itu saja yang dapat gw sharing disini, lain kali kita membahas hal lain lagi. cu

Advertisements

Posted June 26, 2011 by blognyaucie in karya ucie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: